Pengaruh Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Partisipasi Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 2 Sungai Rumbai
Main Author: | Rolly, Fernandes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8175/2/ROLLY%20FERNANDES%20-%2014090043%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8175/1/2.%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8175/3/BAB%20V%20BARU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8175/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8175/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: 1) fasilitas belajar terhadap hasil belajar, 2) disiplin belajar terhadap hasil belajar, 3) partisipasi belajar siswa terhadap hasil belajar, 4) kecerdasan emosional terhadap hasil belajar 5) fasilitas belajar, disiplin belajar, partisipasi belajar siswa dan kecerdasan emosional secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMP N 2 Sungai Rumbai sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata kelompok sampel tingkat pendapatan orang tua tinggi dan rendah yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 65 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: Pertama fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana variabel fasilitas belajar kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,467986 nilai ini signifikan karena thitung 2,213266 > ttabel 1,70113 sedangkan kelompok sampel pendapatan orang tua rendah ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,948574 nilai ini signifikan karena thitung 2,853873 > ttabel 1,69913 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Kedua disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. dimana variabel disiplin belajar kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,473059 nilai ini signifikan karena thitung 4,438959 > ttabel 1,70113 sedangkan kelompok sampel pendapatan orang tua rendah ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,310115 nilai ini signifikan karena thitung 2,485968 > ttabel 1,69913 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Ketiga partisipasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana variabel partisipasi belajar siswa kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,331983 nilai ini signifikan karena thitung 2,560224 > ttabel 1,70113 sedangkan kelompok sampel pendapatan orang tua rendah ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,522034 nilai ini signifikan karena thitung 2,836255 > ttabel 1,69913 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Keempat kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana variabel kecerdasan emosional kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,247792 nilai ini signifikan karena thitung 3,719541 > ttabel 1,70113 sedangkan kelompok sampel pendapatan orang tua rendah ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,195939 nilai ini signifikan karena thitung 2,356719 > ttabel 1,69913 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. Kelima fasilitas belajar, disiplin belajar, partisipasi belajar siswa dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada Tabel F yang menyatakan bahwa Fhitung 103,246 > Ftabel 2,53 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil nilai R square secara keseluruhan sebesar 0,873146 yang artinya 87,31% perubahan pada variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya sebesar 12,69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.