Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pasal 3 UU No 20 Sisdiknas tahun 2003. Tentang berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Serta tuntutan Kurikulum 2013, dimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus terintegrasi dengan nilai karakter agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran sejarahdalam pembentukan karakter peserta didik kelas X IPA 2 di SMANegeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi guru mata pelajaran sejarah di SMANegeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran sejarah dalam pembentukan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, serta waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran semester genap 2018/2019. Adapun responden dalam penelitian ini meliputi guru mata pelajaran sejarah kelas X IPA 2, kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan beberapa peserta didik kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mata pelajaran sejarah sudah menerapkan nilai karakter Kritis, Tanggung jawab, Toleransi dan Integritas berorientasi dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai yang dituliskannya dalam RPP. Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran selama pembuatan dan penerapan nilai karakter adalah guru kesulitan dalam menentukan nilai karakter apa saja yang cocok untuk diterapkan dalam RPP sesuai dengan KD pembelajaran yang terintegritas nilai agama dan budaya Minangkabau. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, bahwa guru mata pelajaran sejarah kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat sudah menerapkan nilai karakter dengan baik sesuai dengan nilai karakter yang dituliskannya di dalam RPP. Kata Kunci: RPP, Mata Pelajaran Sejarah, Karakter, Peserta Didik