Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah lunturnya nilai-nilai nasionalisme yang sedang terjadi salah satunya yaitu tercermin dari sikap peserta didik saat mengikuti upacara bendera yang belum sepenuhnya mengerti dan memahami makna dari pelaksanaaan upacara bendera. Penanaman nilai karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui proses pembelajaran dikelas tetapi juga dapat melalui upacara bendera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelaksanaan upacara bendera terhadap nilai karakter peserta didik (studi kasus SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 4 Padang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh pelaksanaan upacara bendera terhadap nilai karakter peserta didik (studi kasus SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 4 Padang). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 4 Padang. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kuisioner/angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian mengenai nilai karakter peserta didik dalam pelaksanaan upacara bendera di SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 4 Padang dapat diungkapkan berdasarkan nilai rata-rata perindikator nilai karakter disiplin, tanggung jawab, nasionalisme, toleransi dan semangat kebangsaan. Di SMA PGRI 1 Padang, Pertama, nilai karakter disiplin peserta didik dikategorikan sangat baik, nilai karakter nasionalime dikategorikan baik, nilai karakter semangat kebangsaan dikategorikan baik, nilai karakter toleransi dikategorikan baik dan nilai karakter tanggung jawab dikategorikan baik. Sedangkan nilai karakter peserta didik SMA PGRI 4 Padang, Pertama, nilai karakter disiplin peserta didik dikategorikan cukup, nilai karakter nasionalisme peserta didik dikategorikan cukup, nilai karakter semangat kebangsaan peserta didik dikategorikan cukup, nilai karakter toleransi peserta didik dikategorikan cukup, nilai karakter tanggung jawab dikategorikan cukup. Jadi berdasarkan olahan data menggunakan rumus prsentase nilai karakter peserta didik di SMA PGRI 1 Padang sangat baik dibandingkan nilai karakter peserta didik di SMA PGRI 4 Padang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan upacara bendera berpengaruh terhadap nilai karakter peserta didik studi kasus SMA PGRI 1 Padang dan SMA PGRI 1 Padang.