Pengaruh Kepercayaan Diri, Kesiapan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Vivi, Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8142/4/11090307%20VIVI%20WAHYUNI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8142/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8142/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8142/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8142/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat, 2) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat, 3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat, 4) pengaruh kepercayaan diri, kesiapan belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif, populasinya yaitu seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah sebanyak 536 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2015. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 229 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,014. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,209 > ttabel sebesar 1,97. Artinya apabila kepercayaan diri meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,014 dalam setiap satuannya. Kedua kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,011. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,319 > ttabel sebesar 1,97. Artinya, apabila kesiapan belajar meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,011 dalam setiap satuannya. Ketiga lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,020. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,769 > ttabel sebesar 1,97. Artinya, apabila lingkungan keluarga meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,020 dalam setiap satuannya. Keempat kepercayaan diri, kesiapan belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana diperoleh nilai Fhitung 461,110 > Ftabel 2,64 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan prestasi belajar, mahasiswa harus percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, selain itu mahasiswa juga harus meningkatkan kesiapan dalam belajar agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar. Mahasiswa juga harus menjalin hubungan harmonis antara anggota keluarga dan orang tua juga harus peduli dengan perkembangan perkuliahan anaknya, dengan begitu prestasi belajar mahasiswa akan lebih meningkat.