Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang

Main Author: Aulia, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8138/2/11090280%20AULIA%20FITRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8138/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8138/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8138/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8138/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang,2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang,3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang, 4) Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Padang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 238 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Padang terlihat dari nilai thitung sebesar 13,974> ttabel sebesar 1,985 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,816.2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 3,660> ttabel sebesar 1,985 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,318 dengan nilai pengaruh langsung sebesar 10,1%. 3) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 3,776> ttabel sebesar 1,985 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,377 dengan nilai pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui minat belajar sebesar 7,2%. 4) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai thitung sebesar 2,478> ttabel sebesar 1,984 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,235dengan nilai pengaruh langsung sebesar 5,5%. Disarankan kepada pihak sekolah dan guru mengajak orang tua memberikan dorongan dan perhatian kepada anak agar lebih berminat untuk belajar dalam meningkatkan hasil belajar yang baik. Serta kecerdasan emosional siswa harus mampu meningkatkan hasil belajar siswa karna dengan kecerdasan emosional yang tinggi maka siswa tidak akan kesulitan dalam mengenali, mengelola, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain. Diharapkan juga kepada guru untuk memberikan minat belajar bagi anak dengan membuat catatan materi yang dijelaskan oleh guru dan mendorong anak bertanya tentang materi pelajaran yang tidak dipahami