Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai
Main Author: | Cindi, Sapitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8134/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8134/2/BAB%20V%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8134/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8134/4/CINDI%20SAPITRI%2014050045%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8134/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dan VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes r11 = 0,919. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji-t satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,509 dan ttabel = 0,064, maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai tahun pelajaran 2018/2019.