Pengaruh Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah, Peranan Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 10 Padang

Main Author: Riza, Sri Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8127/2/11090247%20RIZA%20SRI%20YULIANA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8127/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8127/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8127/4/Daftar%20Pustaka.docx
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8127/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan fisik sekolah, peranan orang tua, dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 10 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 258 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porposional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 156 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Penentuan pengaruh lingkungan fisik sekolah, peranan orang tua, dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang dengan thitung sebesar 3,335 dan ttabel sebesar 1,976; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang dengan thitung sebesar 7,97 dan ttabel sebesar 1,976; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang dengan thitung sebesar 2,689 dan ttabel sebesar 1,976; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan fisik sekolah, peranan orang tua, dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang dengan Fhitung sebesar 143,634. Besarnya pengaruh lingkungan sekolah, peranan orang tua, dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 10 Padang yaitu 73,9% dan sisanya 26,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan di atas dapat di sarankan (1) Kepada kepala sekolah agar menerapkan metode pembelajaran yang kreatif agar anak mudah memahami materi pembelajaran dan memperoleh hasil yang baik; (2) Kepada orangtua agar memberikan bimbingan bagi anak dalam bersikap dan berprilaku yang baik, memberikan perlengkapan yang lengkap, mendukung semua kegiatan sekolah dan ketika anak melanggar peraturan di sekolah, orangtua harus memberikan sanksi; (3) Kepada guru mengajarkan sikap disiplin bagi anak dan mendorong anak bertanya tentang materi pelajaran yang tidak dipahami sehingga anak aktif dalam belajar.