Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar
Main Author: | Rizki, Hari Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8110/3/11090187%20RIZKI%20HARI%20PUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8110/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8110/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8110/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua, lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2011 yang berjumlah 281 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 165 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dan terbuka. Untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua, lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar digunakan analisa uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Pendidikan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar karena thitung (4,399) > ttabel (1,9748); (2) Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar karena thitung (10,007) > ttabel (1,9748); (3) Motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar karena thitung (18,499) > ttabel (1,9748); (4) Pendidikan orang tua, lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar karena Fhitung (126,546) > dari Ftabel (3,05). Besarnya sumbangan variabel pendidikan orang tua, lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar yaitu 70,2% dan sisanya 29,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan disarankan orang tua senantiasa memotivasi anak agar anak lebih termotivasi untuk mendapat pendidikan yang lebih baik pendidikan yang pernah di tempuh orang tua. Motivasi terhadap anak dapat ditunjukkan dengan memberi pengertian bagi anak dengan memberikan pekerjaan di rumah di luar jadwal anak belajar, sehingga anak bisa fokus dalam belajar. Bagi anak juga agar lebih meningkatkan motivasi belajar dengan tekun menghadapi tugas tugas yang diberikan sampai selesai.