Pengaruh Kepercayaan Diri, Minat Belajar dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai Kab.Dharmasraya
Main Author: | Widia, Dwi Safitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8096/1/11090124%20WIDIA%20DWI%20SAFITRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8096/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8096/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8096/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8096/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1)pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai. 2)pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai.3)pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA N 1 Sungai Rumbai dan 4)pengaruh kepercayaan diri, minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Penelitian dilakukan pada bulan September 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMAN 1 Sungai Rumbai yang berjumlah 92 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS versi 17.0 dan Eviews 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai, nilaikoefisien regresi sebesar 0,095. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (2,081) > ttabel (1,987). Artinya apabila kepercayaan dirimeningkat sebesar satu satuan maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,095 dalam setiap satuannya. 2)minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai, nilai koefisien regresi sebesar 0,118.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (2,323) > ttabel (1,987). Artinyaapabila minat belajarmeningkat sebesar satu satuan maka hasil belajarakan meningkat sebesar 0,118 dalam setiap satuannya. 3)disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai, nilai koefisien regresi sebesar 0,156. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (2,457) > ttabel (1,987). Artinya apabila disiplin belajar meningkat sebesar satu satuan maka hasil belajarakan meningkat sebesar 0,156 dalam setiap satuannya. 4)kepercayaan diri, minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sungai Rumbai. Dimana diperolehFhitung (92,446) >Ftabel (3,10)dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru dan siswa untuk lebih memperhatikan serta meningkatkan kepercayaan diri, minat belajar dan disiplin belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh lebih optimal.