Pengaruh pemberian reward, pemberian punishment oleh guru dan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan Kab. Pesisir Selatan

Main Author: Desnataria, Desnataria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8094/4/11090109%20DESNATARIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8094/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8094/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8094/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8094/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Punggasan, 2) Pengaruh pemberian punishment oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Punggasan, 3) Pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Punggasan, 4) Pengaruh pemberian reward, pemberian punishment oleh guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Punggasan yang berjumlah sebanyak 248 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pemberian reward oleh guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,325. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,590 > ttabel sebesar 1,655. Artinya apabila pemberian reward meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,325 dalam setiap satuannya. Kedua pemberian punishment oleh guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,461. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 9,139 > ttabel 1,655. Artinya, apabila pemberian punishment meningkat sebesar 1%, maka motivasi belajar siswa akan meningkat sebesar 0,461 dalam setiap satuannya. Ketiga minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,491. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 11,757> ttabel sebesar 1,655. Artinya, apabila minat belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,491 dalam setiap satuannya. Keempat pemberian reward, pemberian punishment oleh guru dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTsN Punggasan. Dimana diperoleh nilai Fhitung 124,450 > Ftabel 2,27 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.