Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih banyak di bawah KKM, proses pembelajaran masih cenderung terpusat pada guru dan siswa kurang membaca dan mengulang materi dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika siswa selama menerapkan Strategi pembelajran aktif Tipe Learning Tournament di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Sago dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapakan Strategi Pembelajran aktif Learning Tournament lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Sago. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Sago yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS 2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar matematika dalam bentuk isian dengan reliabilitas tes adalah 0,76 11 r  pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata  0.05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh  7,894 hitung t dan  tabel t 1,675artinya thitung >ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Sago.