Pengaruh Konsep diri, Fasilitas belajar, Kreativitas belajar dan Perhatian orang tua Terhadap Hasil belajar ekonomi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2017.
Main Author: | Yandi Gusri, Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/809/1/13090020%20YANDI%20GUSRI%20NANDA%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/809/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/809/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/809/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/809/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 4) pengaruh Perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi 5) pengaruh konsep diri, fasilitas belajar, kreativitas belajar dan Perhatian orang tua secara bersama- sama mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2017. Populasi penelitian ini adalah pegawai Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu total sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,243. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,249 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila konsep diri meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,243 dalam setiap satuannya. 2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,505. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 5,642 > ttabel 1,98. Artinya, apabila fasilitas belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,505 dalam setiap satuannya. 3) kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,198. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,552 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila kreativitas belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,198 dalam setiap satuannya. 4) Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,319. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 5,075 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila kreativitas belajar meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,319 dalam setiap satuannya. 5) konsep diri, fasilitas belajar, kreativitas belajar dan Perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 68,203 > Ftabel 2,47. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran dalam penelitian ini hendaknya siswa memperbaiki konsepdiri ke arah lebih baik, fasilitas siswa hendaknya lebih dilengkapi, kreativitas hendaknya harus ditingkatkan, perhatian kepada anak hendaknya lebih baik lagi guna meningkatkan prestasi belajar anak.