Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih banyak di bawah KKM dan kurangnya aktivitas belajar siswa karena hanya terpusat pada mendengar dan mencatat penjelasan dari guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs di Kelas VIII SMPN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.3 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.5. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tes hasil belajar matematika dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah 0.77 11 r  pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis aktivitas siswa dalam bentuk lembar aktivitas mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 57% sampai 84%. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata  0.05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh  0.59 hitung t dan  tabel t 1.67 maka hipotesis ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs sama dengan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas VIII SMPN 9 Padang dan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs perkembangan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pada dengan menerapkan pembelajaran Konvensional di Kelas VIII SMPN 9 Padang.