Pengaruh Minat Belajar, Kreativitas Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG
Main Author: | Tari, Gusmita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8078/3/11090052%20TARI%20GUSMITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8078/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8078/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8078/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8078/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar, Kreativitas Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas Oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 15 PADANG yang terdaftar pada taun ajaran 2014/2015 sebanyak 142 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik proporsional random sampling, dengan jumlah sampel sabanyak 104 orang.instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG karena thitung (2,635)> ttabel (1.66), (2) kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG karena thitung (8,427)> ttabel (1.66), (3) pengelolaan kelas oleh guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG karena thitung (3,731)> ttabel (1.66), (4) minat belajar, kreativitas belajar dan pengelolaan kelas oleh guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG karena Fhitung (91,366)> Ftabel (3,09). Besarnya Pengaruh Variabel Minat Belajar, Kreativitas Belajar dan Pengelolaan Kelas oleh Guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 15 PADANG yaitu 73,3% dan sisanya 26,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.