Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Lala, Ardila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8071/2/11070107%20LALA%20ARDILA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8071/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8071/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8071/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8071/
Daftar Isi:
  • Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Dalam penelitian ini peneliti menemukan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi terhadap mata pelajaran Sosiologi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga saya sebagai peneliti tertarik untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar tinggi pada siswa kelas XI pada mata pelajran Sosiologi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sosiologi siswa tinggi di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori motivasi yang dikemukan oleh Mc Clelland. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih secara purposive sampling (sengaja) dengan jumlah informan 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Validitas data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu siswa, dan guru. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sosiologi siswa kelas XI di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang, yaitu: (1) faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri siswa dapat berupa a)siswa senang dengan pelajaran sosiologi, b)keinginan untuk berprestasi, dan c)tanggung jawab pada orangtua. (2) faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri siswa, dapat berupa a)cara mengajar guru, b)pengaruh teman sebaya dan c)letak sekolah dengan jarak tempat tinggal.