Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai

Main Author: Merida, Royani Siregar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/807/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/807/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/807/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/807/4/13050069%20MERIDA%20ROYANI%20SIREGAR.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/807/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa rendah dan siswa kurang mau mengeluarkan pendapat dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan teknik dua tinggal dua tamu lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah soal uraian. Hasil analisis butir soal diperoleh soal tes reliabel dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,82. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh thitung = 4,107196 dan ttabel = 1,67866. Karena thitung> ttabel maka hipotesis penelitian diterima dengan α = 0,05 . Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan teknik dua tinggal dua tamu lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvesional kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai.