Pengaruh Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri dan Disiplin Sekolah Terhadap Kecenderungan Menyontek Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Sulis, Wigiyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8067/4/11090040%20SULIS%20WIGIYANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8067/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8067/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8067/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8067/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan disiplin sekolah secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 121 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 93 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan disiplin sekolah secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan negatif terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,212. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung - 3,965 > ttabel (-1,661). (2) Kepercayaan diri siswa berpengaruh signifikan negatif terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,270. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung -4,731 > ttabel (-1,661). (3) Disiplin sekolah berpengaruh signifikan negatif terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0,330. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung -4,218 > ttabel (-1,661). (4) Motivasi belajar siswa, kepercayaan diri siswa, dan disiplin sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung dengan Fhitung 42,018 > dari Ftabel (3,10) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < a =0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan disiplin sekolah terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Sitiung yaitu 73,5% dan sisanya 26,5% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.