Pengaruh Penerapan Metode Inside-Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Edo, Sukma Bakti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8066/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8066/2/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8066/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8066/4/12050183-EDO%20SUKMA%20BAKTI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika yang masih rendah, dan sifat keterbukaaan siswa untuk saling menerima dan memberi pendapat masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Metode Inside-Outside Circle lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t-satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,96 dan ttabel = 1,68, karena maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode Inside-Outside Circle lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajran konvensional di kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019.