Daftar Isi:
  • Kehidupan manusia sehari-hari tidak terlepas dari kebutuhan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Salah satu alat yang biasa digunakan manusia berkomunikasi jarak jauh adalah telepon genggam atau handphone. Perkembangan handphone yang begitu pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini benar-benar telah mengubah kehidupan manusia, mengubah gaya hidupnya, bahkan cara dia berperilaku, berkomunikasi, dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Namun pada saat sekarang ini sudah begitu banyak penggunaan gadget oleh anak-anak termasuk kalangan Sekolah Dasar. Dengan berbagai alasan dan tujuan orang tua memberikan gadget kepada anak maka penelitian ini bertujuan untuk mandapatkan data, tentang motif orang tua memberikan gadget kepada anak di Desa Kampung Baru Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Dilihat dari 1) Because motive orang tua memberikan gadget kepada anak, 2) In Order Motive orang tua memberikan gadget kepada anak. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha mengungkapkan atau mendapatkan realitas sebagaimana mestinya yang diteliti secara mendalam dan menggunakan data kualitatif berupa kata-kata dan perbuatan. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak yang memiliki gadget, yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Unit analisis data yaitu individu, dan analisis yang digunakan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data (analisis data), verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motif orang tua memberikan gadget kepada anaknya berdasarkan pada 1) Because Of Motive Orang Tua Memberikan Gedget Pada Anaknya adalah a) Untuk menuruti kehendak anaknya, b) Mengikuti perkembangan zaman. 2) In order motive orang tua memberikan gadget kepada anak adalah a) Sebagai status sosial, b) Agar anaknya lebih sering di rumah, c) Berawal dari hadiah, d) Sebagai alat bermain,e) memperkenalkan gadget kepada anak. 1