Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan The Power Of Two Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang

Main Author: Maisya, Fitrianis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8061/2/11090033%20MAISYA%20FITRIANIS.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8061/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8061/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8061/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8061/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena kurangnya aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran karena metode pembelajaran yang terpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dari hasil belajar IPS siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran The Power Of Two. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dipilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk objektif. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 digunakan teknik uji Z. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 82,70 dan rata-rata kelas eksperimen 2 72,29. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji Z sepihak dengan bantuan SPSS versi 16, diperoleh nilai Z hitung 5,344 lebih besar dari harga Z tabel 1,645 yang berarti hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dari hasil belajar IPS siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model The Power Of Two pada kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang. Peneliti menyarankan agar guru-guru bidang studi IPS khususnya SMP Pertiwi 2 Padang, diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitan, bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran The Power Of Two.