Pengaruh Bimbingan Guru, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 13 Padang

Main Author: Lisa, Welanisari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8051/3/11090021%20LISA%20WELANISARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8051/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8051/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8051/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8051/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 13 Padang, 2) Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 13 Padang, 3) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 13 Padang, 4) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 13 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2015. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 115 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis jalur, dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan α = 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Bimbingan Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2,456 > ttabel sebesar 1.98661 dengan nilai signifikan 0,014 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kedua Motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,265 > ttabel sebesar 1.98661 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Ketiga Bimbingan Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa (X3) kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 3,927 > ttabel sebesar 1.98661 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0. Keempat Motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa (X3) kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 4,558 > ttabel sebesar 1.98661 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kelima Disiplin Belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2,480 > ttabel sebesar 1.98661 dengan nilai signifikan 0,013 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi bimbingan guru, motivasi belajar dan disiplin belajar supaya prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 13 Padang lebih optimal