Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA N 15 Padang
Main Author: | Sthevani, Lirhanda Utama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8045/3/11090014%20STHEVANI%20LIRHANDA%20UTAMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8045/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8045/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8045/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8045/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan kerja guru (2) Pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap motivasi kerja guru (3) Pengaruh kepuasan kerja guru terhadap motivasi kerja guru (4) Pengaruh lingkungan keja fisik terhadap kinerja guru (5) Pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru (6) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMA N 15 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program IBM AMOS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja terlihat dari nilai thitung sebesar 5,309 ≥ ttabel sebesar 2,003 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,569. (2) lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja terlihat dari nilai thitung sebesar 2,567 ≥ ttabel 2,003 dengan nilai koefisien jalur 0,309. (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja terlihat dari nilai thitung sebesar 3,561 ≥ ttabel sebesar 2,003 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,427. (4) lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru terlihat dari nilai thitung sebesar 3,001 ≥ ttabel 2,003 dengan nilai koefisien jalur 0,227. (5) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru terlihat dari nilai thitung sebesar 2,305 ≥ ttabel 2,003 dengan nilai koefisien jalur 0,182. (6) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru terlihat dari nilai thitung sebesar 7,869 ≥ ttabel 2,003 dengan nilai koefisien jalur 0,613. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hendaknya guru meningkatkan kinerjanya dengan cara lebih mengoptimalkan lingkungan kerja fisik, kepuasan kerja dan motivasi kerja.