Pengaruh Langsung dan Tidak Langsung Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung

Main Author: Ilham, Multama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8040/4/11090003%20ILHAM%20MULTAMA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8040/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8040/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8040/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8040/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi kepribadian, kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMAN 1 Lubuk Basung Tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 200 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 133 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proposional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan metode analisis jalur menggunakan software IBM Amos 21. Hasil penelitian menunjukan 1). Kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,086. Nilai koefisien ini siginfikan dimana nilai thitung 2,210 > ttabel sebesar 1.9785 dengan nilai signifikan 0,027 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh tidak langsung kompetensi kepribadian guru ke hasil belajar melalui variable motivasi belajar siswa sebesar 0,122. 2). Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,410. Nilai koefisien ini siginfikan dimana nilai thitung sebesar 10,135 > ttabel sebesar 1.9785 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh tidak langsung kompetensi profesional guru ke hasil belajar melalui variabel motivasi belajar sebesar 0,214. 3). Kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,196. Nilai koefisien ini siginfikan dimana nilai thitung sebesar 2,349 > ttabel sebesar 1.9785 dengan nilai signifikan 0,019 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4). Kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,345. Nilai koefisien ini siginfikan dimana nilai thitung sebesar 4,124 > ttabel sebesar 1.9785 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak . 5). Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Lubuk Basung, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,621. Nilai koefisien ini siginfikan dimana nilai thitung sebesar 15,662 > ttabel sebesar 1.9785 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak.