Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kinerja Dosen dalam Proses Belajar Mengajar, Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat
Main Author: | Tusriwandi, Tusriwandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8037/4/11090001%20TUSRIWANDI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8037/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8037/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8037/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8037/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. (2)Pengaruh kepercayaan diri terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. (3)Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat (4)Pengaruh kepercayan diri terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. (5)Pengaruh motivasi belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2012 STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reasearch) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 yang berjumlah 253 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis IBM SPSS AMOS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa terlihat dari nilai thitung sebesar 3,694 > ttabel sebesar 1,9758 dengan nilai koefisien jalur 0,230. (2) Kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa terlihat dari nilai thitung sebesar 8,339> ttabel sebesar 1,9758 dengan nilai koefisien jalur 0,525. (3) Persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa terlihat dari nilai thitung sebesar 3,416 > ttabel sebesar 1,9758 dengan nilai koefisien jalur 0,269. (4) Kepercayan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa terlihat dari nilai thitung sebesar 3,801 > ttabel sebesar 1,9758 dengan nilai koefisien jalur 0,299. (5) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa terlihat dari nilai thitung sebesar 2,455 > ttabel sebesar 1,9758 dengan nilai koefisien jalur 0,151. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hendaknya mahasiswa dapat mengoptimalisasikan kepercayaan diri dan motivasi berlajar untuk meningkatkan indeks prestasi kumulatif.