Pelaksanaan Fungsi Sosialisasi Dalam Pembentukan Karakter Anak Keluarga Nelayan Di Kampung Sungai Bungin Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Wilia, Sandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8032/2/11070167%20WILIA%20SANDRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8032/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8032/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8032/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8032/
Daftar Isi:
  • Keluarga merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang direkat oleh ikatan darah, perkawinan, atau adopsi serta tinggal bersama karena keluarga adalah lembaga pertama yang dikenal oleh seorang individu dalam masa pertumbuhan dan pengenalan nilai-nilai untuk membentuk prilaku anak. begitu juga anak-anak nelayan di Kampung Sungai Bungin banyak di asuh oleh saudara dan lingkungan tempat inggal. Sedangkan ayah bekerja sebagai nelayan dan ibu juga bekerja diluar rumah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Fungsi Sosialisasi Keluarga Nelayan dalam Pembentukan Karakter Anak di Kampung Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan fungsi sosialisasi dalam pembentukan karakter anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran oleh George Homans. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripif analitis. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling, menetapkan keluarga nelayan di Kampung Sungai Bungin Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatans sebagai informan. Data yang dikumpulakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengumpulam data berupa hasil wawancara. Unit analisis yaitu keluarga dengan analisis data Mile & Hubermen yang terdiri dari tahap reduksi, penyajian data/ analisis data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) orangtua melaksanakan fungsi sosialisasi ketika orangtua berada dirumah, (2) orangtua mengajarkan anak komunikasi yang baik, tata krama, sopan dan santun kepada siapa saja dan mengajarkan sholat, (3) orangtua mengajarkan anak setelah sholat magrib dan waktu bersama anak, (4) anak dititip pada nenek dan bibi, ketika anak tidak pulang kerumah tidak dicari, anak berkata kotor nenek dan bibi diam saja tidak memarahi dan menasehati anak.