Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA N 13 Padang
Main Author: | Desriwati, Desriwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8030/2/11070163%20DESRIWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8030/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8030/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8030/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8030/ |
Daftar Isi:
- Di SMA N 13 Padang ditemui bahwa siswa kelas XI IPS yang terdiri dari XI IPS1-XI IPS 4 hanya ada 1 orang yang mendapatkan nilai tuntas dalam Ujian Tengah Semester II pada mata pelajaran Sosiologi tahun ajaran 2014/2015, maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI IPS tersebut. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi belajar dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI IPS yang mengalami kesulitan belajar yang ditandai dengan tidak tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 123 orang. Penarikan sampel secara random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan angket, sedangkan teknik analisis data digunakan rumus teknis analisis persentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor penyebab kesulitan tersebut berasal dari faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Faktor yang berasal dari keluarga meliputi (1) Perhatian yang diberikan oleh orang tua (2) orang tua membrikan hadiah kalau nilai belajar tinggi. (3) Pengawasan orang tua (4) orang tua menyuruh membuat jadwal pelajaran (5)orang tua tidak marah kalau saya tidak belajar (6) membantu orang tua bekerja (ekonomi keluarga) (7) lokasi tempat tinggal (8) perhatian saudara (9) buku pelajaran yang tersedia di rumah. Faktor sekolah meliputi (1) perhatian terhadap guru dalam belajar (2) belajar disertai dengan fakta (3) Metode belajar yang kurang menarik (4) guru menyuruh siswa mengerjakan latihan di depan kelas (5) buku pelajaran yang tersedia (6) motivasi yang dberikan guru (7) peraturan sekolah (8) waktu belajar (9) suasana di luar kelas. Faktor masyarakat meliputi (1) sulit menerima pendapat orang lain (2) pengaruh lokasi tempat tinggal (3) ketika belajar diajak main oleh teman (4) teman belajar kelompok (5) media massa (6) pergaulan (7) budaya masyarakat sekitar terhadap pendidikan.