Pengaruh Aktivitas Belajar, Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Kohirman, Kohirman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8019/1/10090216%20KOHIRMAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8019/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8019/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8019/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8019/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar, 2) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar, 3) Pengaruh Lingkungan KeluargaTerhadap Hasil Belajar dan 4) Pengaruh antara Aktivitas Belajar, Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Berjumlah 174 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportionate Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 orang. Teknik analisis data : analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji Ramse, uji likelohood, uji normalitas, multikolonieritas, uji heteroskedastitas, uji autokorelasi dan analisis jalur regresi linear berganda, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka, dimana diperoleh nilai thitung sebesar 7,154 > ttabel sebesar 1,98045 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, Kedua keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka, dimana diperoleh nilai thitung sebesar 7,875 > ttabel sebesar 1,98045 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, Ketiga lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka, dimana diperoleh thitung sebesar 4,920 > ttabel sebesar 1,98045 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, Keempat aktivitas belajar, keterampilan mengajar guru dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Koto Balingka, dimana diperoleh nilai Fhitung 113,552 > Ftabel 2,68 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05.