Motivasi Orang Tua pada Pendidikan Anak dalam Keluarga Buruh Kebun Sawit di Jorong Muara Putus Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Rika, Rubianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8002/1/11070267%20RIKA%20RUBIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8002/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8002/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8002/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8002/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya anak-anak di Jorong Muara Putus yang mengenyam pendidikan, sedangkan pekerjaan yang ditekuni oleh sebagian besar penduduk di Jorong Muara Putus adalah dengan bekerja sebagai buruh kebun sawit. Dimana upah yang diterima oleh para buruh kebun sawit tersebut masih sangat minim, yaitu Rp. 65.000 perharinya. Dengan minimnya upah yang diterima oleh buruh kebun sawit tersebut tentu akan sangat sulit bagi para buruh untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, seperti kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan pendidikan anak yang semakin hari semakin meningkat. Tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan bagi para buruh untuk tetap menyekolahkan anak-anak mereka, dan parah buruh harus bisa mengimbangi antara kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan pendidikan anak, karena apabila kebutuhan akan pendidikan anak tidak atau kurang terpenuhi maka pendidikan anak akan terlantar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan motivasi orang tua terhadap pendidikan anak pada keluarga buruh kebun sawit di Jorong Muara Putus Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Schutz membagi motif-motif yang mempengaruhi tindakan manusia ke dalam dua yakni: Because motive, yaitu motif yang timbul akibat pengalaman masa lalu individu sebagai anggota masyarakat, dalam hal ini pengalaman masa lalu dijadikan oleh individu sebagai sesuatu yang mendorong individu untuk bertindak. In Order to motive, yaitu motif yang timbul karena melihat adanya nilai-nilai tertentu terhadap tindakan sekarang untuk jangkauan masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak dua belas orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara langsung dan studi dokumen. Model dan analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua terhadap pendidikan anak yaitu (a) persepsi orang tua akan pentingnya pendidikan (b) anak sebagai asset masa depan, (c) faktor lingkungan, dan (d) faktor anak itu sendiri.