Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Muara Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Kristina, Kristina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/800/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/800/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/800/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/800/4/13070145%20KRISTINA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi Tutor dan Pengelola masih merasa kesulitan mengubah pola pikir warga belajar karena yang terkonsep di dalam pikiran warga belajar ini bahwa mengikuti program ini hanya sekedar mendapat ijazah tidak peduli dengan proses pembelajarannya. Sementara Visi PKBM Silibet Sibau ialah Terwujudnya Masyarakat Mentawai Yang Cerdas, Produktif, Mandiri dan Bebas dari Kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Muara Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitivistik, bahwa teori ini lebih menekankan proses belajar dari pada hasil belajar. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan tipe dekriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini mekanisme disengaja (purposive), yang berjumlah 16 orang. Jenis data yaitu data primer, data sekunder. Metode yang digunakan observasi non partisipan, dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisis adalah kelompok. Analisis data dengan Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan kesetaraan paket C di Muara Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah sebagai berikut: pada kegiatan pendahuluan yang dilakukan tutor pendidikan kesetaraan paket C kepada warga belajar setiap memulai pembelajaran mengambil absen, berdoa, dan menanyakan kesiapan warga belajar dalam belajar. selanjutnya pada kegiatan inti tutor pendidikan kesetaraan paket C menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, dan pada kegiatan penutup tutor pendidikan kesetaraan paket C memberikan tugas, menyuruh siswa menyimpulkan materi yang dijelaskan pada hari itu.