Pengaruh Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Main Author: Riki, Julkarfami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7989/4/10090022%20RIKI%20JULKARFAMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7989/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7989/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7989/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7989/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pembelian buku referensi dan buku teks pelajaran secara parsial terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman, (2) Pengaruh pembiayaaan kegiatan kesiswaan secara parsial terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman, (3) Pengaruh pembelian bahan-bahan habis pakai secara persial terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman, (4) Pengaruh pembiayaan langganan daya dan jasa secara parsial terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman, (5) Pengaruh disiplin belajar siswa secara parsial terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Tigo Nagari Kab. Pasaman. Sampel penelitian menggunakan teknik sample random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 126 siwa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriftif, (2) analisis induktif, (3) uji asumsi klasik, (4) analsisi regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) pembelian buku referensi dan buku teks pelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap hasil belajar siswa SMPN Tigo Nagari Kab. Pasaman karena thitung (2,285) > ttabel (1,97976); (2) pembiayaaan kegiatan kesiswaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman karena thitung (5,797) > ttabel (1,97976; (3) pembelian bahan-bahan habis pakai secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman karena thitung (3,004) > ttabel (1,97976) ; (4) pembiayaan langganan daya dan jasa tidak terdapat pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman karena X hitung (1,499640) < X tabel (3.841); (5) disiplin belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman karena thitung (4,753) > ttabel (1,97976) yaitu 81,10% dan sisanya 18,90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.