Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Kelas X SMAN 1 Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yulia, Gusni Deka Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7983/1/10070011%20YULIA%20GUSNI%20DEKA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7983/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7983/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7983/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7983/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran sosiologi yang masih berupa penyampaian informasi yang membuat siswa hanya mampu mengingat tujuan dari pembelajaran sosiologi. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran sosiologi melalui model pembelajaran Cooperative learning make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative learning make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di kelas X SMAN 1 Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan. Manfaat penelitian ini adalah mendorong guru sosiologi berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsepkonsep sosiologi dalam meningkatkan hasil belajar. Teori untuk analisis antara permasalahan penelitian yang dilakukan dengan Teori belajar bermakna Ausubel dan Teori Behaviorisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk melakukanpenelitian ini diperlukan dua sampel, pengambilan sampel dilakukan secara Claster Sampling (Random kelompok), untuk kelas eksperimen yaitu kelas X.1 dan kelas kontrol adalah kelas X.2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas X SMAN 1 Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan hasil belajar siswa ini terlihat dari rata-rata kelas eksperimen = 6,77 sedangkan rata-rata kelas kontrol hanya = 4,28. Jadi rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dan kelaseksperimen di dapatkan hitungan t Hitung = 2,986 sedangkan t Tabel = 1,671 dengan demikian t Hitung > t Tabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative learning make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan. Maka dari itu model pembelajaran Cooperative learning make a match dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi sosiologi.