Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Yang Dihadapi Siswa Kelas XI dalam Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 2 Painan
Main Author: | Mella, Yolanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7979/2/09070260%20MELLA%20YOLANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7979/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7979/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7979/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7979/ |
Daftar Isi:
- Penelitian berawal dari adanya kesulitan beberapa siswa dalam proses belajar mengajar sosiologi, terlihat dari siswa yang malas-malasan ketika belajar, tidak memiliki buku dan mengantuk ketika belajar sosiologi di kelas XI IPS SMA N 2 Painan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Painan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi behaviorisme dan belajar yang dikemukakan oleh Skinner, behavorisme adalah suatu studi tentang kelakuan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatid dengan tipe deskriptif. Informan penelitian di ambil secara purposive sampling, informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi kelas XI dan siswa kelas XI IPS. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kesulitan belajar siswa dalam pelajaran sosiologi disebabkan oleh faktor internal yaitu psikologis siswa, lingkungan keluarga, orang tua kurang memperhatikan siswa ketika belajar di rumah, guru kurang bervariasi menggunakan metode pembelajaran faktor masyarakat yang tidak memberi motivasi untuk belajar dan 2) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah mempersiapkan RPP, mengajukan pertanyaan selama proses belajar mengajar, bercerita tentang pelajaran sosiologi, mengulang materi karena ada siswa yang bertanya, mencontohkan tentang kelompok sosial dan multikultural yang ada di Painan, yaitu adanya etnis selain Minangkabau yang hidup di Painan, mengabsen siswa sebelum mulai belajar dan melakukan pendekatan kepada siswa yang terlihat kurang konsentrasi dalam belajar dan menanyakan sebabnya.