Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang

Main Author: Sucy, Fazillah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7966/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7966/2/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7966/3/DAFTAR%20PUSTKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7966/4/12050158-SUCY%20FAZILLAH-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih di bawah KKM dan siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik di Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan lotting, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII3 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah VIII1. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata   0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh bahwa thitung = 1,87 dan ttabel = 1,67 artinya hitung tabel t  t maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas SMP Pertiwi 2 Padang.