Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Guru IPS di SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Silvia, Helena |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7953/1/11020077%20SILVIA%20HELENA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7953/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7953/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7953/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7953/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena sudah ada peserta didik SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang memiliki persepsi yang kurang baik terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru IPS. Disamping memiliki persepsi yang kurang baik juga ada peserta didik yang memiliki persepsi yang baik. Persepsi dari seseorang akan mempengaruhi perilakunya terhadap objek. Atas dasar masalah tersebut. Penelitian ini difokuskan pada persepsi peserta didik terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru IPS di SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru IPS di SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX di SMPN2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Propotional Random Sampling dengan mengambil sepuluh persen dari populasi, sehingga didapatkan sampel kelas IX sebanyak 32 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba penelitian untuk menentukan validitas dan realibilitas instrument penelitian teknik analisa data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil sebagai berikut, 1) Persepsi peserta didik terhadap cara guru menujukkan sikap tanggap secara umum baik. Namun, masih terdapat pada satu item yang kurang baik, yaitu guru kurang melakukan sikap tanggap setiap hari kepada peserta didik. 2) Persepsi peserta didik terhadap cara guru membagi perhatian sudah baik. 3) Persepsi peserta didik terhadap cara guru memusatkan perhatian kelas secara keseluruhan kurang baik, terdapat dua item yaitu guru kurang memberikan sesuatu yang menarik sehingga siswa bosan belajar, guru kurang memberikan sesuatu yang menarik sehingga siswa bosan belajar 4) Persepsi peserta didik terhadap cara guru memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas secara keseluruhan baik. Namun, masih terdapat pada satu item yang kurang baik yaitu, petunjuk yang diberikan guru melalui tugas kelompok kurang dipahami oleh siswa 5) Persepsi peserta didik terhadap cara guru dalam memberikan teguran secara keseluruhan sudah baik. Dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru IPS sudah baik. Hanya sebahagian kecil saja peserta didik memiliki persepsi yang kurang baik terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru IPS.