Kendala Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Sejarah di kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang
Main Author: | Mira, Nofianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7951/1/11020072%20MIRA%20NOFIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7951/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7951/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7951/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7951/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji tentang kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai sejarah di kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang sesuai dengan pokok permasalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk (1) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai sejarah di kelas XI IPS di SMA PGRI 2 Padang periode Mei-juni 2014-2015. (2) Mendeskripsikan Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai sejarah di kelas XI IPS di SMA PGRI 2 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi evaluatif. Penelitian dilakukan di SMA PGRI 2 Padang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Informan penelitian adalah guru sejarah kelas XI, kepala sekolah dan siswa kelas XI. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas guru menanaman nilai-nilai sejarah pada siswa dilakukan dengan mengaitkan materi pelajaran seperti materi Revolusi Prancis,Revolusi Amerika dan Revolusi Rusia dengan nilai-nilai yang dapat dipahami oleh siswa. (2)Aktivitas guru dalam menanamkan bekerja sama untuk membangun bangsa dengan memberikan contoh kepada siswa tentang perjuangan para pahlawan dahulu untuk mencapai kemerdekaan. (3) Aktivitas guru dalam menamkan nilai-nilai toleransi dan mengukur diri sendiri guru berusaha menerapkan toleransi di sekolah agar tercipta suasana aman dan damai. ( 4)Nilai-nilai sejarah tahan uji, ulet dan cinta perdamaian dalam membela dan membangun bangsa diambil guru dari materi mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. mencontohkan keuletan para pendiri bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan (1) Kendala guru menanamkan nilai-nilai mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi adalah siswa yang lebih mendahulukan kepentingan pribadi mereka dibandingkan kepentingan bersama. (2)Kendala guru dalam menanaman bekerjasama untuk membangun bangsa adalah kurangnya kesadaran siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain karena siswa cenderung acuh tak acuh terhadap kegiatan yang membutuhkan kerjasama diantara siswa.(3) Kendala dalam menanamkan nilai guru kesulitan memberikan contoh dalam mengukur diri sendiri (4 ) dan kendala guru menanamkan nilai-nilai sejarah tahan uji, ulet dan cinta perdamaian dalam membela dan membangun bangsa siswa yang masih ada melakukan pertengakaran di lingkungan sekolah.