Strategi Belajar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 2 Bayang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Febi, Darneli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7950/2/11020069%20FEBI%20DARNELI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7950/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7950/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7950/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7950/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatabelakangi tingginya nilai rata-rata siswa kelas X.I SMA Negeri 2 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada mata pelajaran Sejarah, dibandingkan dengan kelas X lainnya. Kalau dibandingkan dengan sekolah lain nilai Kelas X.I SMA Negeri 2 Bayang masih tinggi. Strategi apa yang digunakan kelas X di SMA 2 Bayang memperoleh nilai di atas KKM, Khususnya kelas X.1 yang mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan lokal X lainnya di SMA 2 Bayang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Strategi Belajar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 2 Bayang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Mix Method (Penelitian Campuran) dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Data diambil dari informan siswa-siswi Kelas X.I SMA Negeri 2 Bayang. Data dikumpulkan melalui wawancara. Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian ini diuji dengan mengunakan teknik Kualitatif dan ditambah dengan triagulasi data. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus P= f/n dan interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi siswa dalam meningkatkan hasil belajar sejarah ada beberapa, pertama Memupuk sikap optimis sebanyak 100%. Wujud dari memupuk Sikap Optimis ada dua macam: 1). Membuat tugas dengan baik 0,76%, 2). Belajar dengan Giat 0,34%,. Kedua Strategi Membuat Rancangan Belajar/ jadwal 0,71%. Ketiga Mengulang Pelajaran pada siang dan malam hari 0,53% . Sedangkan secara gabungan nilai rata-rata siswa yang paling tinggi yaitu dengan menggunakan tiga strategi yaitu belajar dengan giat, membuat tugas dan membuat jadwal belajar 85.