Hubungan pekerjaan Rumah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Yeni, Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/795/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/795/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/795/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/795/4/13070135%20YENI%20APRILIA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/795/ |
Daftar Isi:
- Pekerjaan rumah dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat salah satunya karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran pada diri peserta didik dalam belajar terlihat pada proses pembelajaran belum tercapai secara maksimal dengan banyaknya ditemukan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan tugas rumah yaitu kurangnya keinginan peserta didik untuk belajar maupun berinteraksi dengan guru sehingga berpengaruh terhadap nilai tugas rumah peserta didik.Maka dari itu peneliti tertarik untuk melihat hubungan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan adalah teori kognitif oleh Bruner, Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe tipe ek post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN I Lembah Melintang yang berjumlah 128 peserta didik serta pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling jumlah sampel 118 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah berupa angket tertutup. Hipotesis penelitian ini menggunakan analisis uji Chi Kuadrat. Hasil analisa data menunjukkan bahwa hubungan pekerjaan rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X IPS dikarenakan hasil analisis menunjukkan bahwa chihitung (197,38)> chitabel (43,773) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, pekerjaan rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan pekerjaan rumah memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang.