Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah
Main Author: | Lili, Nofita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7929/1/11020018%20LILI%20NOFITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7929/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7929/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7929/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7929/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Untuk mendeskripsikan berhasil tidaknya proses belajar mengajar, kemajuan yang diperoleh murid, dan efektifitas proses belajar mengajar yang dilakukan guru terutama tentang penilaian hasil belajar. Pelaksanaan penilaian hasil belajar belum memenuhi standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2007 tentang penilaian hasil belajar berupa tes, observasi, penugasan, perseorangan, ataupun kelompok. Penilaian yang dilaksanakan di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya hanya terdiri dua macam tes, yaitu objektif dan uraian. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan kendala-kendala yang ditemui oleh guru sejarah dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pulau Punjung. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti yaitu sebagai pelaksana, pengamat, dan sekaligus pengumpulan data. Dengan teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan penilaian hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya telah mengikuti langkah-langkah penilaian hasil belajar, guru sudah mulai membuat RPP dan evaluasi penilaian berupa soal tes, tetapi belum sepenuhnya terlaksana, karena guru sejarah belum membuat kisi- kisi soal penilaian, selanjutnya menyusun soalsoal. 2) Pelaksanaan penilaian hasil belajar sejarah di kelas XI guru memberi tes pada akhir pelajaran, penilaian juga dilaksanakan dengan UH, Mid, akhir semester, sebagian sudah terlaksana, meskipun belum maksimal. 3) Kendalanya yaitu: waktu kurang cukup dalam melaksanakan penilaian tes pada akhir pelajaran. Kesimpulan Penilaian tes hasil belajar yang dilaksanakan di kelas XI IPS di SMA N 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya sudah mengikuti langkah- langkah penilaian hasil belajar menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional meskipun belum maksimal. Sebelum masuk kelas guru sudah membuat RPP, dan memberikan tes pada akhir pembelajaran, penilaian dilaksanakan dengan UH, MID, dan Ujian akhir.