Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kurangnya Minat Siswa Mengunjungi Perpustakaan di SMPN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Resfi, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7924/2/11020007%20RESFI%20WULANDARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7924/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7924/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7924/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7924/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Perpustakaan dapat membantu para peserta didik untuk memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan dengan membaca buku diperpustakaan yang mengandung ilmu pendidikan. Tetapi perpustakaan di sekolah SMPN 3 Lengayang perpustakaan kurang dimanfaatkan oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fasilitas atau sarana yang disediakan didalam perpustakaan. Sehingga menyebabkan siswa kurang merasa nyaman berada didalam perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kurangnya minat siswa mengunjungi perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas, kepala sekolah atau wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, pegawai perpustakaan, guru, orang tua siswa dan siswa SMPN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa banyak siswa yang kurang berminat untuk mengunjungi perpustakaan di SMPN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sarana yang disediakan diperpustakaan. Salah satunya seperti tidak di sediakannya AC atau pendingin ruangan di dalam perpustakaan, sehingga menyebabkan siswa jadi kurang nyaman berada didalam perpustakaan tersebut. Ada dua faktor yang mempengaruhi minat1. Faktor internal yang terdiri atas: perhatian, kemauan, simpatik dan keinginan. Dari hasil yang didapatkan bahwa siswa kurang perhatian terhadap perpustakaan serta siswa juga banyak yang tidak sedang mengunjungi perpustakaan karena disebabkan pelayanan pegawai perpustakaan yang kurang ramah kepada pengunjung perpustakaa sehingga menyebabkan siswa jadi kurang berkeinginan utuk datang keperpustakan. 2. Faktor eksternal mencakup: lingkungan keluarga, lingkungan keluarga merupakan pendidikan yang pertama bagi anak. Peranan orang tua untuk membantu anak dalam proses belajar serta menyuruh atau membiasakan anak untuk membaca-baca dirumah maka juga dapat meningkatkan minat baca anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kurang berminat untuk mengunjungi perpustakaan di SMPN 3 Lengayang. Hal ini dapat dilihat dari segi 1. Faktor internal yang terdiri atas: perhatian, kemauan, simpatik dan keinginan. 2. Faktor Eksternal yang terdiri atas: Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.