Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang faktor pendorong siswa mengikuti kegiatan PIK-R di SMA Negeri 1 Bonjol. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah siswa yang mengikuti kegiatan PIK-R dibandingkan dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler lainnya yaitu berjumlah 111 orang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apa faktor pendorong siswa mengikuti kegiatan PIK-R di SMA Negeri 1 Bonjol. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan faktor pendorong siswa mengikuti kegiatan PIK-R di SMA Negeri 1 Bonjol. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi yang dikemukan oleh Alfred Schutz. Dimana teori ini melihat adanya motif sebab dan motif akibat ketika orang melakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 23 orang. Jenis data yang di gunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang lansung diambil di lapangan melalui proses observasi dan wawancara sedangkan data sekunder yaitu data yang diambil di lapangan berupa dokumentasi. Pemilihan informan melalui purposive sampling yaitu penarikan informan yang dipilih secara sengaja oleh peneliti. Metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Keakuratan data diuji dengan menggunakan triagulasi data, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor pendorong siswa mengikuti kegiatan PIK-R di SMA Negeri 1 Bonjol yaitu: 1) Agar terhindar dari pergaulan bebas, 2) Adanya prestasi yang diraih, 3) Mencari pengalaman, 4) mencari banyak teman, 5) Pengaruh teman