Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas sejarah berdiri dan perkembangan Perguruan Islam Ar Risalah dari tahun 2004 sampai 2013, serta strategi Perguruan Islam Ar Risalah agar tetap eksis dan bekembang dalam persaingan lembaga Islam. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya perguruan Islam Ar Risalah, sedangkan tujuan khususnya adalah mendeskripsikan proses pertumbuhan dan perkembangan Perguruan Islam Ar Risalah dan strategi Perguruan Islam Ar Risalah agar tetap eksis dan berkembang dalam persaingan lembaga Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik yaitu pengumpulan data, kritik sumber yaitu melakukan pengujian terhadap keaslian dan kesahihan data, interpretasi yaitu memahami makna dan menafsirkan informasi yang telah terkumpul, historiografi yaitu penulisan hasil penelitian dalam bentuk ilmiah atau skripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, berdirinya Perguruan Islam Ar Risalah dilatarbelakangi oleh dua faktor; pertama terjadinya kemerosotan moral masyarakat secara luas, khususnya pada generasi muda, kedua krisis lembaga pendidikan Islam, disamping itu juga sebagai bentuk kepedulian terhadap krisis lembaga pendidikan Islam (Pondok Pesantren) di Sumatera Barat. Ketiga langkanya ulama yang menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat. Keempat menghimpun sumber daya manusia berkualitas, alumni universitas Islam dalam dan luar negeri yang masih terpencar di berbagai wilayah di luar Sumatera Barat. Kelima mengembalikan peran Ranah Minang sebagai pencetak ulama di nusantara (mambangkik batang tarandam). Perkembangan Perguruan Islam Ar Risalah dari tahun 2004-2013 dapat dilihat dari beberapa faktor: 1. Perkembangan sarana dan prasarana, adanya bangunan-bangunan yang menunjang untuk proses belajar mengajar seperti ruang belajar, labor, perpustakaan, aula serbaguna, mesjid, asrama, koperasi, klinik, ruang BK dan lain-lain, 2. Perkembangan sumber daya manusia seperti: a. Tenaga pengajar dari lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dari berbagai bidang studi, b. Peningkatan jumlah siswa yang dari tahun ke tahun meningkat karena penerimaan siswa baru dilakukan sebelum sekolah umum lainnya membuka pendaftaran. 3. Perkembangan kurikulum yang dipakai dan diterapkan di perguruan Islam Ar Risalah tidak hanya terfokus pada kurikulum pondok pesantren, namun telah memadukan kurikulum dari dua Kementrian, yaitu Kermentrian Agama (Kemenag) untuk tingkat MA dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk tingkat SMP. Penelitian ini pada akhinya mengusulkan adanya kajian yang serupa dengan menggunakan metode kajian yang berbeda dalam mengembalikan minat masyarakat untuk belajar di Pondok Pesantren.