Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Ratna, Eriza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7910/2/10020044%20RATNA%20ERIZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7910/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7910/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7910/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7910/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa pembelajaran IPS belum dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara optimal akibatnya hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Populasinya adalah siswa kelas VIII yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa masing-masing kelas tersebut adalah 35. Kelas tersebut diambil sebagai sampel karena kedua kelas tersebut memiliki rata-rata yang hampir sama. Pengambilan data pada penelitian ini adalah tes menggunakan soal objektif. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan nilai rata-rata kedua kelas sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil tes kelas eksperimen adalah 85 dan rata-rata nilai hasil tes kelas kontrol adalah 53,1. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan rata-rata pada data nilai hasil belajar kedua kelas sampel tersebut. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh nilai t hitung =1,94 dengan t tabel = 1,67 maka ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.