Faktor Pendorong Masyarakat Memilih Jasa Parkir Liar di Kawasan Transmart Kota Padang (Kendaraan Roda Dua di Kawasan Transmart Kota Padang)

Main Author: Yet, Putri Nengsi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/790/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/790/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/790/3/Daftar%20Pstaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/790/4/13070119%20YET%20PUTRI%20NENGSI%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/790/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para pengunjung Transmart Kota Padang yang tidak memarkirkan kendarannya di lokasi yang telah disediakan oleh pihak Transmart. Seharusnya pengunjung Transmart memarkirkan kendaraan mereka di tempat yang telah disediakan pihak Transmart. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan banyak para pengunjung yang memilih parkir liar di kawasan Transmart sehingga berdampak negatif terhadap lalu lintas jalan di sekitar Transmart Kota Padang seperti macet, semrawut, susahnya pejalan kaki menyemberang dan rusaknya taman kota. Penelitian ini disusun berdasarkan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan faktor pendorong masyarakat memilih lokasi parkir liar di kawasan Transmart Kota Padang). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pilihan Rasional (Rational Theory) yang dikemukakan oleh James Coleman. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria di antaranya (1) pengunjung Transmart yang menggunakan jasa parkir liar, (2) penyedia jasa parkir liar di kawasan Transmart, (3)pengelolaan parkir liar di kawasan Transmart.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 17 informan dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan tahap: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara pilihan rasional mereka memilih tempat parkir liar disebabkan oleh faktor: 1) faktor canggung (belum terbiasa), 2) enggan antri, 3) tidak ada petugas pemandu parkir, 4) biaya lebih murah. Adapun faktor lain di luar konteks teori adalah faktor ketikdatahuan.