Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil UTS Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IIS MAN 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung
Main Author: | Ismayuni, Ismayuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/789/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/789/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/789/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/789/4/13070118%20ISMAYUNI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/789/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MAN I Sijunjung Kabupaten Sijunjung tentang pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil uts siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS MAN I Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Kompetensi guru sangat perlu diterapkan, karena dalam dimensi pendidikan, proses belajar mengajar tidak akan terlaksana dengan baik apabila salah satu kompetensi guru tidak ada. Kompetensi sosial guru di MAN I Sijunjung pada dasarnya baik, namun siswa masih tidak semangat dalam belajar, tidak memahami perkataan guru dan siswa tidak memiliki motivasi dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan guru. Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil uts siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS di MAN 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme menurut Edward Lee Thorndike. Thorndike merupakan seorang pendidik dan psikologi berkebangsaan Amerika, mengemukakan bahwa belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus (S) dengan respons (R). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe deskriptif korelation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS di MAN 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 49 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling jumlah sampel 39 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket. Jenis data adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan hasil persentase pengaruh kompetensi sosial guru rendah hanya (5, 04%). Uji normalitas data diperoleh nilai sig sebesar 041. Data uji normalitas berdistribusi normal karena nilai sig> nilai α = 0,05. Kemudian uji homogenitas diperoleh nilai sig sebesar 044. Data uji homogenitas adalah homogen karena nilai sig> nilai α = 0,05. Kemudian dilakukan uji persamaan regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis bahwa terdapat pengaruh antara kompetensis sosial guru (X) dan hasil uts siswa (Y) dilakukan uji signifikansi regresi. Berdasarkan uji signifikansi dengan uji F diperoleh hasil nilai sig 1, 964. Adapun persyaratan regresi nilai sig> nilai α = 0,05, hal ini menunjukkan bahwa regresi Ŷ adalah signifikan.