Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam meningkatkan Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Risa, Yossalina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7884/1/06020136%20RISA%20YOSSALINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7884/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7884/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7884/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7884/ |
Daftar Isi:
- Salah satu indikasi sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki perpustakaan yang dikelola dengan baik, situasi yang nyaman, tenang dan sejuk. Siswa dapat menjadikan perpustakaan sebagai suatu kebutuhan bagi siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam pemenuhan kebutuhan buku mata pelajaran sejarah. Perpustakaan SMA N 12 Padang dalam pengadaan buku mata pelajaran sejarah sudah memenuhi standar. Namun realita yang ada kurangnya minat para siswa datang ke perpustakaan. Para siswa datang keperpustakaan bila ada tugas yang mengharuskan siswa mencari buku referensi keperpustaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan perpustakaan SMA N 12 Padang dalam menunjang pelajaran sejarah dan bagaimana pengadaan bahan perpustakaan SMA N 12 Padang. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: Observasi lapangan (penulis langsung ke lokasi penelitian), wawancara (berdialog langsung dengan orang yang dituju), dokumentasi (menggunakan bahan arsip yang ada di perpustakaan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan perpustakaan SMA N 12 Padang. Bagi guru mata pelajaran sejarah adalah menyediakan keperluan guru, bahan rujukan dan bahan peraga. Sementara pegawai perpustakaan menyediakan buku-buku sejarah memberikan bimbingan dan membangkitkan minat baca siswa terhadap mata pelajaran sejarah. Tetapi hal ini mengalami kendala karena kurangnya minat siswa datang keperpustakaan serta kurangnya informasi mengenai perpustakaan, tetapi pengadaan buku sejarah yang ada di perpustakaan SMA N 12 Padang sudah memenuhi standar dalam pengadaan bahan pustaka. Peranan perpustakaan SMA N 12 Padang dalam menunjang program pembelajaran sejarah sudah optimal dilihat dari pengadaan buku sejarah. Kepala sekolah dan kepala perpustakaan SMA N 12 Padang sudah melengkapi bahan perpustakaan terutama mata pelajaran sejarah.