Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, pembelajaran lebih berpusat pada guru, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang cocok, siswa menganggap biologi pembelajaran yang membosankan. Masalah ini berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji . Hasil didapatkan rata-rata nilai ranah afektif pada kelas eksperimen adalah 73,21(B) dan kelas kontrol 57,35(C). Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung>Ttabel yaitu 5,30>1,66, berarti hipotesis ranah afektif diterima. Pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 71,25 (B) dan kelas kontrol 65,15 (C). Rata-rata nilai uji hipotesis diperoleh Thitung>Ttabel yaitu 1,69>1,66, berarti hipotesis ranah kognitif diterima. Pada ranah psikomotor kelas eksperimen adalah 60,91(C) dan kelas kontrol 73,33 (B). Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung>Ttabel yaitu 2,94>1,66, berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.