Hubungan Kebiasaan Belajar Biologi Dengan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 11 Padang
Main Author: | Iklima, Iklima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7876/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7876/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7876/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7876/4/14010184%20IKLIMA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7876/ |
Daftar Isi:
- Kebiasaan belajar merupakan faktor penting dalam belajar, karena sebagian hasil belajar ditentukan oleh sikap dan kebiasaan belajar. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik siswa harus mengubah kebiasaan belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang mempunyai kebiasaan belajar yang kurang baik, diantaranya siswa yang tidak membuat jadwal pelajaran, kebiasaan tidak meluangkan waktu untuk mengulangi kembali pelajaran dirumah, kebiasaan untuk belajar setiap malam secara teratur, kebiasaan jarang membagi waktu untuk membaca buku pelajaran biologi sebelum pelajaran biologi dimulai dan kebiasaan jarang berkunjung keperpustakaan untuk membaca buku pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Negeri 11 padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Padang, dengan jumlah siswa 131 orang. Sedangkan anggota populasi yang dijadikan sampel sebanyak 25% dari 131 orang siswa yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proportional random sampling. Variabel bebas dari penelitian ini adalah kebiasaan belajar sedangkan variabel terikatnya hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah angket sebanyak 59 pernyataan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Berdasarkan pada nilai rhitung > rtabel dengan nilai 0,64>0,33 dengan kriteria tinggi, koefisien korelasi determinasi (P) 40,96% dan dengan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 4,71 dan nilai ttabel 1,69 pada taraf kepercayaan 95% (=0,05), Maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar biologi dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 11 Padang.