Daftar Isi:
  • kurangnya minat, motivasi, keberanian dan percaya diri siswa untuk bertanya juga mengeluarkan pendapat mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran bersifat pasif. Dalam proses pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran, namun guru sudah menggunakan motede ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Ampek Nagari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Ampek Nagari tahun pelajaran 2018/2019pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Porposive Randome Sampling sehingga diperoleh kelas sampel XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada ranah afektif berupa penilaian diri dan antar teman, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda, dan instrumen pada ranah psikomotor berupa Laporan. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t dan Uji-t’. Hasil analisis pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor dengan menggunakan uji t dan t’ didapatkan t > t dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran circuit learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI