Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Yuelza, Yuelza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7873/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7873/2/PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7873/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7873/4/14010177-YUELZA-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7873/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktifitas dan partisispasi siswa dalam pembelajaran dan belum tepatnya model dan media yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, hal ini berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Dimana hanya 20% dikelas X (MIPA1) yang tuntas sedangakan pada kelas X (MIPA2) hanya 28% yang mencapai ketuntasan. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X MIPA4 dan kelas kontrol X MIPA3, rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kognitif adalah tes tertulis, sedangkan pada ranah afektif berupa lembaran observasi sikap dan pada ranah psikomotor digunakan penelitian produk laporan . Teknik analisis data ranah kognitif dan ranah Psikomotor menggunakan uji-t sedangkan pada ranah Afektif menggunakan uji- t’ dengan taraf kepercayaan 95% (α= 0,05) Berdasakan hasil penelitian hasil belajar pada ranah kognitif yaitu rata-rata kelas eksperimen 80,99 dan kelas kontrol 77,68. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 1,53 < ttabel 1,67, maka hipotesis H1 ditolak. Sedangkan pada ranah afektif thitung 1,30 < ttabel 1,67 hipotesis H1 ditolak, dan pada ranah Psikmotor thitung 2,45> ttabel 1,67, maka hipotesis H1 diterima. Itu berarti bawha penerapan model pembelajaran Problem Based Learning( PBL) disertai media gambar tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo pada ranah kognitif dan Afektif, sedangkan pada ranah psikomotor penerapan model Pembelajaran Probelem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.