Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan, antara lain pelaksanaan praktikum di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tidak menggunakan penuntun praktikum, hal ini disebabkan belum adanya penuntun praktikum di sekolah tersebut, ketika melaksanakan praktikum guru dan siswa menggunakan buku paket yang didalamnya terdapat lembar kegiatan siswa yang dijadikan panduan dalam kegiatan praktikum. Lembar kegiatan siswa hanya memuat langkah-langkah kerja, alat, serta bahan yang digunakan dan tidak sesuai dengan kemampuan siswa dalam proses pelaksanaan. Saat pelaksanaan kegiatan praktikum siswa masih merasa kesulitan karena lembar kegiatan siswa tidak sesuai dengan penuntun praktikum sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan penuntun praktikum berbasis problem based learning (PBL) pada materi ruang lingkup biologi dan keanekaragaman hayati untuk SMA kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, tugas dimulai dengan analisis struktur isi dan analisis konsep serta analisis tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan mendesaian penuntun praktikum. Tahap Develop dilakukan uji validitas dengan pengisian angket oleh dosen dan guru biologi. Dilakukan uji praktikalitas dengan pengisian angket guru biologi dan siswa kelas X. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas penuntun praktikum oleh validator menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini berada pada kategori sangat valid dengan nilai 96,87%. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini pada kategori sangat praktis dengan nilai 89,27% dan hasil uji praktikalitas penuntun praktikum oleh siswa menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 87,12%. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan penuntun praktikum berbasis problem based learning (PBL) pada materi ruang lingkup biologi dan keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam yang sangat valid dan sangat praktis.